cover
Contact Name
Muhammad Anjar Nugraga
Contact Email
muhammadanza23@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jpg@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Published by Universitas Subang
ISSN : 25985930     EISSN : 26154803     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)" : 20 Documents clear
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA: (Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Darmaga III Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang Tahun 2019/2020) Euis Titin Suhartini
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/jpg.v6i1.1616

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III SDN Darmaga III Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang dengan menggunakan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu (1) siklus I tema lingkungan, pembelajaran membaca menggunakan media kartu kata, dan pembelajaran dilaksanakan secara klasikal. (2) siklus II tema budi pekerti, pembelajaran membaca menggunakan media kartu kata dengan pembelajaran dilaksanakan dengan pengorganisasian siswa dalam kelompok kecil (teman sebangku). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Darmaga III Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang dengan jumlah siswa 36 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan media kartu kata terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III SDN Darmaga III Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, yaitu nilai siswa meningkat dari nilai rata-rata 5,60 menjadi 86,23 yakni meningkat 15%. Sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka peningkatan ini tergolong baik. Penggunaan media kartu kata yang didukung media pembelajaran yang relevan juga berdampak pada peningkatan aktivitas dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran.
MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI REWARD AND PUNISHMENT : (Penerapan di SD Negeri Tenjolaya IV Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang) Juju Juju
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/jpg.v6i1.1617

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuuk mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar dikelas melalui penerapan Reward and Punishment di SD Negeri Tenjolaya IV Kasomalang Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) sebagai suatu prosedur penelitian yang diadaptasi dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan sekolah merupakan penelitian partisipatoris yang menekankan pada tindakan dan refleksi , memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan, memperbaiki situasi dan kondisi sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Reward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin kehadiran guru dikelas pada kegiatan belajar mengajar, hal itu dibuktikan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, guru yang terlambat pada kegiatan belajar mengajar di SDN Tenjolaya IV, berdasarkan indicator 75%, atau bila 75% guru tidak terlambat lebih dari 10 menit. Siklus pertama guru yang tidak terlambat lebih dari 10 menit baru 21,74%. Sekolah memberi penegasan lebih kuat diberikan, hasil observasi tingkat keterlambatan guru masuk kelas dalam proses belajar mengajar, pada kegiatan upacara bendera. Tingkat keterlambatan guru dikelas pada proses pembelajaran diperoleh data, sebanyak 18 orang guru terlambat masuk kelas kurang dari 10 menit, 5 orang guru terlambat masuk kelas 10 menit sampai dengan 15 menit, dan tidak ada satu orangpun guru yang terlambat masuk kelas lebih dari 15 menit. Hasil observasi pada siklus pertama dan siklus kedua dapat dilihat ada penurunan tingkat keterlambatan guru dikelas pada kegiatan belajar mengajar, atau terdapat peningkatan kehadiran guru dikelas, dan dari hasil refleksi mengenai kelemahan atau kekurangan dari pelaksanaan tindakan pada siklus kedua tersebut, dari hasil observasi dan data yang diperoleh, peneliti mengambil kesimpulan bahwa tindakan yang dilaksanakan pada siklus kedua dinyatakan berhasil, karena terdapat 78,26% guru yang terlambat kurang dari 10 menit, atau melebihi target yang telah ditentukan sebesar 75%.
MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI TEKS INFORMATION REPORT : (Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX-A MTs Negeri 2 Subang Semester Genap Tahun pelajaran 2018/2019) Cucu Marliana
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/jpg.v6i1.1618

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar bahasa Inggris materi teks Information Report melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan mengetahui peningkatan aktivitas belajar bahasa Inggris materi teks Information Report melalui penerapan model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw pada siswa Kelas IX-A MTs Negeri 2 Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI-A MTs Negeri 2 Subang Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, teknik tes dan dokumentasi. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dimana pada kondisi awal hanya ada 12 siswa atau 34,29% meningkat menjadi 22 siswa atau 62,86% dan 32 siswa atau 91,43% pada siklus terakhir. Penjelasan peningkatan hasil belajar juga meningkat pada setiap siklusnya dari 62,57 menjadi 76,29 dan 87,43 pada siklus kedua. Hal tersebut juga dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dimana pada kondisi awal hanya terdapat 8 siswa atau 22,86% meningkat menjadi 65,71% atau 23 siswa dan 33 siswa atau 94,29% pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IX-A MTs Negeri 2 Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Penulis merekomendasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat berjalan dengan baik, dengan upaya siswa mempersiapkan diri dengan baik sebelum kegiatan pembelajaran, siswa lebih aktif dalam belajar berkelompok, dan Guru berperan sebagai fasilitator yang baik dalam kegiatan pembelajaran, dan menerapkan strategi, metode atau model pembelajaran didukung sarana dan prasarana dalam penyediaan alat dan media pembelajaran.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS OPINI TERHADAP ISU AKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERITA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 2 SUBANG Dadang Supriatna
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/jpg.v6i1.1619

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsi peningkatan kemampuan menulis opini pada siswa kelas XII IPS 3 setelah mendapat pembelajaran dengan media berita. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsi respon siswa kelas XII IPS 3 setelah mendapat pembelajaran dengan media berita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XII IPS 3. Siklus I dan Siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitiannya adalah keterampilan menulis opini, pendekatan proses menulis opini melalui media berita dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambil data tes yang digunakan yaitu berupa tes keterampilan menulis opini, sedangkan alat pengambil data nontes yang digunakan adalah pedoman observasi, siswa, serta dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis opini dengan pendekatan proses melalui media berita dapat meningkatkan kemampuan menulis opini. Pada Siklus I nilai rata-rata klasikal diperoleh sebesar 69,96. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,76 atau meningkat sebesar 9,72% dari siklus I. Peningkatan rata-rata pada siklus II juga dapat dilihat dari kelima aspek, dalam aspek kualitas isi, keterampilan siswa meningkat sebesar 1.87%, aspek organisasi tulisan mengalami peningkatan sebesar 5.34%, aspek pilihan kata mengalami peningkatan sebesar 0.63%, aspek penggunaan bahasa mengalami peningkatan sebesar 12.97%, dan aspek mekanik tulisan mengalami peningkatan sebesar 44.00% dari siklus II. Selain itu, perubahan perilaku dalam penelitian ini adalah siswa tampak lebih senang dan merespon media berita yang tayangkan guru, lebih semangat, aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan menjadi senang dengan kegiatan menulis opini serta siswa menjadi termotivasi untuk menulis.
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA MELALUI SUPERVISI INDIVIDUAL TERHADAP GURU KELAS VI Taswa Sutiawan
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/jpg.v6i1.1620

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kinerja guru kelas VI dalam pengelolaan pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran hasil belajar pada mata pelajaran yang diajarkan oleh guru kelas VI binaan Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan (action research) sekolah (PTS) dengan rancangan dua siklus melalui prosedur: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) pengamatan (observation), (4) refleksi (reflecsion) dalam tiap-tiap siklus. Tempat penelitian dilakukan di SD Binaan di wilayah Kecamatan Kecamatan Cipunagara. Objek penelitiannya adalah guru kelas VI Binaan di wilayah Kecamatan Kecamatan Cipunagara Pada tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 6 (enam) orang Guru Kelas VI. Teknik pengumpulan data meliputi panduan observasi, panduan wawancara, jurnal kegiatan Guru Kelas VI dan siswa, tes kinerja Guru Kelas VI, dan tes pengukuran hasil belajar siswa. Instrumen pengumpul data meliputi: 1). Pedoman observasi dan pengamatan (observasi), 2). Instrumen penilaian kinerja Guru Kelas VI, 3). Instrumen penilaian hasil belajar siswa, 4). Instrumen validasi soal. Teknik Analisis Data. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitiannya adalah bahwa terdapat peningkatan yang lebih jelas kinerja Guru Kelas VI dari mulai tes awal, siklus I, dan siklus II. Peningkatan kinerja Guru Kelas VI dari awal sebelum tindakan sebesar 58,2%, setelah tindakan siklus I menjadi 70,1%, dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 83,7%. Data tersebut memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup tajam dari awal, setelah siklus I, sampai dengan setelah tindakan siklus II. Hasil penelitian tindakan supervisi inidivual terhadap Guru Kelas VI terbukti memberikan peningkatan kinerja Guru Kelas VI yang selanjutnya berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dPKnhami karena jika Guru Kelas VI meningkat kinerjanya maka jelas akan terjadi pembelajaran yang efektif dengan kualitas belajar yang optimal, sehingga peserta didik memiliki daya serap terhadap leajarannya yang tinggi pula dan pada akhirnya hasil belajar PKn peserta didik menjadi lebih optimal. Perencanaan Guru Kelas VI yang matang dalam mempersiapkan proses belajar mengajar merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kualitas pembelajaran.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PERMAINAN MERAIH SASARAN Yuyu Rosita
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/jpg.v6i1.1621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dengan permainan meraih sasaran bola di udara pada siswa kelas V SDN Darmaga IV. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Darmaga IV. Instrumen yang digunakan berbentuk kuesioner dan pengamatan gerak siswa untuk pengumpulan data dari evaluasi ahli dan uji coba dengan pertimbangan jumlah subjek yang relatif banyak dan diambil secara serentak dalam waktu yang singkat. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase, dengan saran dan alasan memilih jawaban responden dianalisis secara teknik analisis kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji ahli penjas dan ahli pembelajaran dalam uji coba skala kecil (N15), diperoleh hasil dengan rata-rata persentase 85% (baik) dan uji lapangan skala besar (N=43) diperoleh hasil dengan persentase 89% (sangat baik). Hasil dari pengamatan gerak pada uji coba skla kecil (N15) hasil yang diperoleh dengan rata-rata persentase 81% (Baik), pada uji coba skala besar (N43) hasil yang diperoleh dengan rata-rata persentase 84,33% (Baik). Berdasarkan hasil data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan hasil pengembangan pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dengan permainan meraih sasaran bola di udara dapat layak digunakan pada siswa kelas V SDN Darmaga IV.
MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI REWARD AND PUNISHMENT : (Penerapan di SDN Bojongloa Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2019/ 2020) Cacah Hendayah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan Reward and Punishment. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SD Bojongloa Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang. Metode dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), suatu prosedur penelitian yang diadaptasi dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTS bersifat partisipatoris dengan menekankan tindakan dan refleksi, memperdalam pemahaman tindakan dan memperbaiki situasi pembelajaran secara praktis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Reward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin kehadiran guru dikelas pada kegiatan belajar mengajar. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, guru yang terlambat lebih dari 6 menit adalah 0, dan guru yang terlambat kurang dari 10 menit sebanyak 2 orang guru. Penerapan Reward dan Punishment dapat meningkatkan disiplin guru hadir di kelas pada kegiatan belajar mengajar di SDN Bojongloa. Penerapan dalam penelitian melalui Reward dan Punishment untuk meningkatkan disiplin guru hadir di dalam kelas pada kegiatan belajar mengajar, dan guru melaksanakan tugas dengan disiplin dalam kehadiran dikelas sebagai bentuk pelayanan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MELALUI MEDIA GAMBAR DAN MODIFIKASI MISTAR: (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kasomalang II Tahun 2020/2021) Nani Karmini
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi melalui media gambar dan modifikasi mistar pada siswa kelas VI SD Negeri Kasomalang II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan penggunaannya untuk pemecahan masalah praktis yang berorientasi pada hasil pembelajaran. Masalah yang perlu dipecahkan yaitu ketakutan siswa dalam melakukan lompatan pada mistar yang sesungguhnya. Cara pengambilan subyek penelitian ini dengan menggunakan Teknik total sampling, jumlah sampel yang digunakan merupakan keseluruhan dari obyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri Kasomalang II sejumlah 14 siswa (10 siswa putra dan 4 siswa putri). Penelitian tindakan pertama ( Siklus I) dan tahap atau tindakan kedua ( Siklus II ). Pada pembelajaran siklus I hasil belajar dari siswa yang mendapatkan nilai di atas ketuntasan minimum adalah 35,71 % dan pada siklus II hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai diatas ketuntasan minimum 92,86%. Pada pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata 56,79 sedangkan pada pembelajaran siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,50. Pada pembelajaran siklus II aktifitas siswa aspek psikomotor baru 57,14 % pada kategori kurang, pada siklus II menjadi 82,14 % kategori baik, pada aspek kognitif siklus I 58,04 % pada kategori kurang, pada siklus II meningkat menjadi 92,86 % kategori sangat baik, sedangkan aspek afektif pada siklus I 55,80 % kategori kurang, pada siklus II meningkat menjadi 77,68 % pada kategori baik, berarti dari ketiga aspek tersebut ada peningkatan aktifitas siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING: (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 2 SDN Kasomalang VIII Kecamatan Kasomalang Tahun 2022/2023) Rukinah Rukinah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) untuk mengetahui penerapan strategi problem based learning dalam materi berhitung penjumlahan dan pengurangan di kelas 2 SDN Kasomalang VIII, 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2 SDN Kasomalang VIII. Metode penelitian ini menggunakan PTK model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas 2 SDN Kasomalang VIII Kecamatan Kasomalang. Tindakan dalam penelitian ini ada 2 siklus (Siklus I dan Siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan strategi problem based learning pada kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan dilakukan 2 siklus dengan hasil yang berbeda. Pada Siklus I hasil observasi aktivitas guru adalah 87.5 (sangat baik) dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 82.8 (baik). Sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan, hasil observasi aktivitas guru adalah 92 (sangat baik) dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 89 (sangat baik). 2) Peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2 SDN Kasomalang VIII pada Siklus I rata-rata kelas yaitu 79 (cukup) dimana belum mencapai indikator kinerja minimal 80. Pada Siklus II mengalami peningkatan rata-rata kelas yaitu 86 (sangat baik). Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari Siklus I 64% menjadi 84% pada Siklus II dengan kenaikan 20%.
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PKN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI: (Penelitian Tindakan Kelas terhadap siswa SMPN 3 Cikancung Tahun Pelajaran 2020/2021) Dyah Wijayanti
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/jpg.v6i1.1626

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dan hipotesis dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar dapat meningkatkan dengan menggunakan metode Pemberian Tugas Dengan Media Video. Subjek yang melakukan tindakan adalah guru (peneliti) dengan guru mata pelajaran PKn sebagai (Pengamat) Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Pemberian Tugas Dengan Media Video ini ternyata lebih efektif dalam proses pembelajaran, yang ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa: 1). Penerapan pembelajaran Pemberian Tugas Dengan Media Video dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pelajaran PKn yaitu pada Pra Siklus 57,84%, Siklus I 67,88%, pada Siklus II 75,68% dari jumlah siswa 36 siswa. 2). Hasil belajar siswa meningkat ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata siswa pada Pra siklus (56,6) atau 38% siswa tuntas, Siklus I rata-rata (70,85) atau 73% dan pada Siklus II rata-rata meningkat menjadi (75,29) atau 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan metode pembelajaran Pemberian Tugas Dengan Media Video lebih memungkinkan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah.

Page 1 of 2 | Total Record : 20